Kamis, 09 Mei 2013

Anggota Gerak Atas



ANGGOTA GERAK ATAS

Kerangka anggota atas dikaitkan dengan kerangka badan dengan perantara gelang bahu, yang terdiri atas klavikula dan skapula, dibawahnya terdapat tulang-tulang yang membentuk kerangka lengan, lengan bawah dan telapak tangan yang seluruhnya berjumlah 30 buah tulang
 


Anggota gerak atas adalah tulang-tulang pada ekstermitas atas yang terdiri dari:
1.      Humerus ( Tulang lengan atas )
2.      Ulna dan Radius ( Tulang hasta dan tulang pengumpil )
3.      8 Tulan karpal ( Tulang Pangkal Tangan )
4.      5 Tulang metakarpal ( Tulang tapak Tangan )
5.      14 Falang ( Ruas Jari tangn )
A.    TULANG – TULANG PADA EKSTREMITAS ATAS
1.      Klavikula
Atau tualng selangka adalah tulang melangkung yang membentuk bagian anterior gelang bahu fungsi utama klafikula adalah memberi kaitan pada beberapa otot leher, bahu dan lengan. Yang bekerja sebagai penopang lengan. klavikula, adalah tulang dari atas dada, antara tulang dada (sternum) dan tulang belikat (tulang belikat). Mudah untuk merasa klavikula, karena tidak seperti tulang lain yang dibungkus dengan otot, hanya kulit yang mencakup sebagian besar tulang. 
berfungsi sebagai dukungan dari yang kaku skapula dan bebas ekstremitas ditangguhkan. Menyimpan pengaturan ini ekstremitas atas (lengan) dari toraks sehingga lengan memiliki jangkauan maksimum gerak.  Meliputi cervicoaxillary kanal (lorong antara leher dan lengan), melalui mana beberapa struktur penting lulus. Mengirim dampak fisik dari ekstremitas atas ke kerangka aksial. Meskipun diklasifikasikan sebagai tulang panjang, klavikula tidak memiliki meduler (sumsum tulang) rongga seperti tulang panjang lainnya. Ini terdiri dari spons (cancellous) tulang dengan shell tulang kompak. Ini adalah tulang dermal awalnya berasal dari unsur-unsur yang melekat pada tengkor. . Klavikula lebih tebal dan lebih melengkung pada pekerja manual, dan situs lampiran otot lebih ditandai. Klavikula kanan biasanya lebih kuat dan lebih pendek dari klavikula kiri.
2.      Skapula
Atau tulang belikat Membentuk bagian belakang gelang bahu, dan Terletak dibagian sebelah belakang toraks yang lebih dekat kepermukaan dari pada iga. Dan bentuknya segi tiga pipih dan memperlihatkan dua permukaan, tiga sudut dan tiga sisi. Contoh tulang Skapula adalah sebagai berikut.
Dalam anatomi, skapula atau tulang belikat, adalah tulang yang menghubungkan humerus (tulang lengan) dengan clavicula (tulang leher).
Bentuk skapula posterior (belakang) yang terletak bagian dari bahu korset. Dalam manusia, itu adalah tulang datar, kurang lebih segitiga bentuknya, ditempatkan pada aspek posterolateral torakalis kandang.
Pada bagian atas fosa adalah depresi melintang, di mana tampaknya tulang bengkok pada dirinya sendiri sepanjang garis pada sudut kanan dan melewati pusat glenoid rongga, membentuk sudut yang cukup, yang disebut sudut subskapularis; hal ini memberikan kekuatan yang lebih besar untuk tubuh tulang oleh bentuk melengkung, sementara lengkungan puncak berfungsi untuk mendukung tulang belakang dan akromion. Permukaan dorsal adalah melengkung dari atas ke bawah.
3.      Humerus
Dalam anatomi manusia, tulang lengan atas (bahasa Inggris: humerus, bahasa Latin: humerus, umerus, bahasa Yunani: ōmos, lengan atas) adalah tulang panjang pada lengan (atau kaki depan pada hewan) yang terletak antara bahu dan siku. Pada sistem rangka, terletak di antara tulang belikat dan radius-ulna (tulang pengumpil-hasta). Humerus atau tulang lengan atas adalah tulang terpanjang anggota atas dengan memperlihatkan sebuah batang dan dua ujung. Humerus terdiri atas : Ujung atas humerus, Batang humerus dan Ujung bawah humerus, Berikut adalah gambar Humerus.
Humerus adalah tulang lengan atas tunggal yang panjang. Ujung atas terdiri dari bola-bola yang pas dengan soket dari tulang belikat untuk membentuk sendi bahu. Ujung bawah humerus membentuk bola kecil yang cocok dengan soket engsel sendi radius dan ulna di siku.
4.      Ulna
Ulna adalah Sebuah tulang pipih yang mempunyai Sebuah Batang dan dua ujung, tulang itu lebih panjang dari pada tulang radius ciri umum yang tedapat atau yang bisa kita lihat pada ulna yakni, memiliki ujung atas ulna, Batang Ulna dan Ujung bawah Ulna lebih Kecil Dibandingkan ujung atas. Perhatikan gambar berikut ini.
Ujung atasnya bersendi dengan tulang lengan atas (humerus) pda sendi siku, dan dengan caput radii (kepala bonggol tulang pengumpil) pada persendian radioulnaris superior (persendian tulang hasta dan pengumpil bagian atas). Pada bagian bawah bersendi dengan tulang pengumpil pada persendian radioulnaris inferior.Badan tulang hasta melebar pada bagian proksimal dan menyempit di bagian distal.
Pada proksimalnya, memiliki sebuah tonjolan (processus) yang disebut procesus olecranii, sebuah struktur seperti kail pancing yang nantinya masuk ke dalam fossa olecrani pada humerus. Tulang hasta dibentuk dari tiga pusat yaitu pada badan tulang, bagian bawah (inferior), dan atas dari olecranon. Osifikasi (pembentukan tulang) dimulai dari bagian tengah badan tulang pada janin berumur delapan minggu. Pada saat mendekati kelahiran, mulai dibentuk tulang hasta yang sejati. Pada anak-anak umur empat tahun, pertumbuhan tulang dimulai dari tengah kepala tulang. Pada umur sepuluh tahun, terjadi pertumbuhan di olecranon. Pada umur enambelas tahun, bagian superior tulang sudah benar-benar bersendi dengan humerus, dan pada bagian bawah terjadi pada usia kira-kira duapuluh tahun.
5.      Radius
Radius merupakan tulang pada posisi lengan bawah, merupakan tulang pipa dengan sebuah batang dan dua ujung lebih pendek dari pada tulang ulna, ujung ats radius kecil memperlihatkan kepala berbentuk kancing, dan batang radius lebih sempit dan juga lebih bundar disebelah atas dari pada bawah. Sedangkan pada ujung agak berbentuk segiempat.
Radius merupakan tulang lengan bawah yang terletak di sisi lateral pada posisi anatomis. Di daeraha proksimal, radius berartikulasi dengan ulna, sehingga memungkinkan terjadinya gerak pronasi-supinasi. Sedangkan di daerah distal, terdapat prosesus styloid dan area untuk perlekatan tulang-tulang karpal antara lain tulang scaphoid dan tulang lunate.
6.      Tulang pergelangan Tangan dan Tangan
Tualng tangan disusun dalam beberapa kelompok yakni : Karpus (Tulang pangkal tangan), Metakarpal (rangka tapak Tangan), Falang ( Tualang jari)
Karpus adalah tulang yang terdiri atas Delapan Tulang tersusun dalam dua baris, dan empat tulang dalam setiap baris, baris atas tersusun dari luar kedalam adalah navikular, lunatum, trikuetrum, dan fisiformis, sedangkan baris bawah adalah trepezum, trepezoid, kapitatum dan hamatum.
Metakarpus terdapat lima tulang metakarpal setiap tulang memiliki batang dan juga dua ujung, tulang yang bersendi dengan tulang kapal desebut dengan nama ujung karpal dan sendi yang dibentuknya adalah sendi karpo-metakarpal. Ujung batang bersendi dengan falang disebut dengan nama kepala. metacarpus adalah bagian antara kerangka tangan yang terletak antara falang (tulang jari) proksimal dan tulan karpal dan metacarpals dan falang adalah tulang panjang. Masing-masing memiliki poros.
Selnjutnya falang juga merupakan tulang panjang memeiliki batang dan dua ujung dan terdapat empat belas falang, tiga pada setiap jari dan dua pada ibu jari. Falang (phalanges) adalah istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan jari tangan dan kaki. Ini adalah bagian penting dari tubuh kita yang membantu kita dalam tugas sehari-hari. Tanpa jari-jari kaki kita, kita tidak akan mampu menyeimbangkan badan dan berjalan dengan mudah.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar